4 Fakta Pasukan Elite Gerebek Markas Teroris KKB di Yahukimo : Okezone News

  • 1 year ago
  • 1


JAYAPURA – Tim gabungan penegakan hukum Satgas Damai Cartenz dan Polres Yahukimo, kembali melakukan penggerebekan salah satu rumah diduga tempat persembunyian Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) teroris dan simpatisannya di jalan Pertanian Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan.

Dari penggerebekan tersebut, petugas menangkap 22 orang beserta barang bukti berupa senjata tajam dan senjata tradisional serta senapan angin. Berikut sejumlah faktanya:



1. Sebanyak 22 Orang Diamankan dari Pelajar hingga Mahasiswa

 

Kabag Ops Polres Yahukimo AKP Alwi Wairooy mengatakan, 22 orang di antaranya ada kepala kampung, pelajar, dan mahasiswa sehingga saat ini sedang dilakukan proses penyidikan lebih lanjut.

“Penangkapan yang dilakukan sebagai hasil pengembangan dari beberapa aksi pembunuhan yang terjadi dalam beberapa minggu terakhir di wilayah Yahukimo,” ujarnya.

Sebanyak 22 orang yang diamankan yaitu PK (11) pelajar, ES (17) pelajar, MM(17) pelajar EG (19) pelajar, SP (21) mahasiswa, SP (21).

Selanjutnya mahasiswa, NK (21) kepala Kampung Pugun, YM (43) kepala kampung Ngalik), YG(45) kepala kampung Yeriko Distrik Musaik, OB (23), PH (26) NS (25), ES (19), MS (35), NS (25), MS (17), SB (24), OH (23), EH (25), NP (28), HL dan DK (34).

2. Jika Tak Terbukti Akan Dibebaskan

Kabag Ops Polres Yahukimo AKP Alwi Wairooy menjelaskan, bahwa penangkapan tersebut tidak dilakukan secara sembarangan karena sudah melalui proses penyidikan. Ia menyampaikan kepolisian akan melaksanakan proses hukum dengan baik dan adil.

“Jika terbukti bahwa orang-orang yang diamankan tidak bersalah, maka mereka akan segera dibebaskan. Namun, jika terbukti bersalah maka mereka diproses sesuai dengan hukum berlaku,” ujar Alwi.

BACA JUGA:

6 Kabupaten Ini Butuh Perlindungan Lebih, KKB Teroris Papua Makin Brutal 


Baca Juga: Tingkatkan Keterampilan Pengecatan, AkzoNobel Jadikan Mitra Dulux Sebagai Program Unggulan


Follow Berita Okezone di Google News

3. Polisi Minta Tokoh Agama Jaga Kedamaian

 

Kepolisian Resor (Polres) Yahukimo, Papua, meminta tokoh agama, tokoh adat, dan warga memperkuat keamanan untuk menciptakan kedamaian serta menghormati proses hukum pascapenggerebekan salah satu rumah yang diduga markas kelompok kriminal bersenjata (KKB) teroris.

“Kami telah melakukan pertemuan dan menjelaskan bahwa penggerebekan yang dilakukan pada pagi hari adalah benar,” kata Kabag Ops Polres Yahukimo AKP Alwi Wairooy.

4. Harapan Polisi kepada Masyarakat

 

Kabag Ops Polres Yahukimo AKP Alwi Wairooy mengajak, para tokoh masyarakat mendukung dan menghormati proses hukum yang sedang berjalan. Hal ini bertujuan menciptakan wilayah Yahukimo aman dan damai bagi seluruh masyarakat.

Dia menambahkan pertemuan yang dilakukan sangat penting memberikan kesempatan bagi para tokoh masyarakat menyampaikan kekhawatiran dan pertanyaan terkait penangkapan tersebut.

“Kami berharap pertemuan tersebut memperkuat hubungan antara kepolisian dan tokoh masyarakat. Kolaborasi dan kerja sama sangat penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Yahukimo,” kata Alwi.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.




Source link

Join The Discussion

Compare listings

Compare
WeCreativez WhatsApp Support
Coba tanyakan disini
👋Halo, apa yang bisa kami bantu