Viral Es Teh Kekinian Dianggap Kemanisan, Ini 9 Bahaya kelebihan Gula! : Okezone health

  • 2 months ago
  • 1


SAAT ini muncul berbagai jenis minuman lezat, manis dan menggoda. Salah satunya es teh kekinian yang dikemas sangat menarik.

Namun sayangnya, ada pelanggan yang menyebut es kekinian kelebihan gula. Padahal minuman yang terlalu banyak gula sampai melebihi batas asupan gula harian, tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Lalu apa saja bahaya kelebihan gula?

 obesitas

1. Obesitas

Minuman manis hanya dapat menambah asupan kalori Anda tanpa dapat mengenyangkan perut Anda. Hal ini kemudian membuat Anda makan lebih banyak lagi, sehingga tanpa disadari asupan kalori Anda sudah berlebihan. 

Gula yang terkandung dalam minuman manis juga dapat menambah asupan kalori Anda. Ini mengapa minuman manis bikin gemuk. Dalam sebuah penelitian ditunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi minuman bersoda memiliki asupan kalori 17% lebih banyak dari biasanya. Ini merupakan jumlah yang besar, sehingga bisa menyebabkan Anda mengalami obesitas jika dilakukan terus-menerus.

2. Gampang Jerawatan

Terlalu banyak konsumsi gula bisa mengganggu kesehatan kulit. Kamu jadi gamang jerawatan. Bahkan jerawat yang muncul lebih parah dari biasanya.

Sebuah penelitian di Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics menyebutkan terlalu banyak konsumsi gula bisa menyebabkan kulit gampang jerawatan. Para partisipan yang mengalami jerawatan cukup parah mengaku mereka mengonsumsi lebih banyak gula dibandingkan orang-orang yang jerawatannya ringan.

3. Celana Jeans Jadi Kekecilan

Nah, ini cara yang sebenarnya paling mudah untuk mengecek apakah kamu kebanyakan konsumsi gula. Kalau celana jeans atau baju yang kamu pakai mulai kekecilan, bisa jadi karena kamu kebanyakan konsumsi gula dan berat badanmu naik.

4. Bikin Bad Mood

Sejumlah penelitian menyebutkan adanya kaitan antara konsumsi gula dengan risiko terkena depresi. Terlalu banyak konsumsi gula bisa meningkatkan kadar inflamasi dalam tubuh yang kemudian mengakibatkan naiknya risiko terkena depresi. So, kalau akhir-akhir kamu merasa gampang bad mood, stres, atau cemas tanpa sebab, coba cek lagi makanan yang kamu konsumsi.

 BACA JUGA:Mengenal 2 Faktor Pemicu GERD, Termasuk Merokok hingga Obesitas

5. Gampang Lelah

Kalau di siang hari kamu merasa begitu lelah dan letih, coba ingat lagi sarapan yang kamu konsumsi pagi tadi. Bisa jadi makanan yang kamu konsumsi mengandung terlalu banyak gula sehingga membuatmu gampang letih di siang hari.

6. Tekanan Darah Meningkat

Tekanan darah yang dianggap normal adalah 120/80 atau sedikit lebih di bawah dari itu. Tapi kalau kemudian kamu mendapati tekanan darah meningkat, bisa jadi karena kamu kebanyakan konsumsi gula dengan banyak minuman manis.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American Society of Nephrology, terlalu banyak konsumsi gula bisa membuat tekanan darah meningkat tajam. Dalam sebuah ulasan penelitian tahun 2004 yang diterbitkan di jurnal BMJ, Open Heart para pakar medis berpendapat kalau membatasi konsumsi gula itu lebih penting daripada mengurangi konsumsi sodium jika ingin mendapat tekanan darah yang normal.

7. Kolesterol Naik

Salah satu tanda tubuh kita kebanyakan gula adalah adanya peningkatan kadar berbagai jenis lemak yang mengalir di darah. Terlalu banyak gula bisa menurunkan kolesterol baik tubuh dan meningkatkan kolesterol jahat, menurut penelitian di Journal of the American Medical Association.

8. Lesu

Jika Anda merasa lelah dan sering minum-minuman manis bergula untuk menyembuhkan kelelahan maka sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Kendati minuman tinggi gula meningkatkan energi, namun cara ini bisa menjadi bumerang bagi Anda.

Salah satu tandanya Anda terlalu banyak mengonsumsi gula adalah mudah merasa lesu. Jika Anda merasa sering mengonsumsi makanan dan minuman manis, bikin mudah lesu, lebih baik periksakan diri Anda ke dokter.

9. Sistem Imun Rendah

Kelebihan asupan gula dapat merusak sel darah putih yang akan berakibar menurunnya kekebalan tubuh. Jika Anda sering sakit, ada baiknya memeriksa asupan gula Anda.



Source link

Join The Discussion

Compare listings

Compare
WeCreativez WhatsApp Support
Coba tanyakan disini
👋Halo, apa yang bisa kami bantu